Senin, 12 November 2012

Trip ke Batu demi Je Key Ti For Ti Eit !

siapa yang gak kenal JKT48 ? idol group yang merupakan "adik kandung" dari AKB48 dan mempunyai seorang ayah yang bernama Yasushi Akimoto (sang pendiri idol group)  dan seorang ibu yang bernama *emm...lupakan saja,soalnya saya tidak tahu nama istri pak akimoto*.Tanggal 10 November kemarin idol group yang mengadopsi gaya jepang ini mengunjungi Kota wisata Batu.kota Batu merupakan kota kedua di Indonesia yang dikunjungi JKT48 diluar kota Jabodetabek.banyak pengalaman yang saya dapatkan ketika "nekat" pergi ke kota batu.:D

6 hari sebelum JKT48 tampil di batu saya mempersiapkan kehadiran meraka dengan sangat matang,yaitu cari temen biar ada "penunjuk jalan" untuk menuju ke venue mereka konser,maklum saya belum penah menjelajahi kota batu sama sekali jadi dari pada kesasar sampe kediri mending saya mengajak orang yang tau seluk-beluk kota Batu ataupun minimal kalo kesasar ada temennya.akhirnya,oke fix ! akhirnya ada juga yang mau nemenin untuk perjalanan ke Batu.aman sudah kalo ada yang nemenin...

Hari yang kutunggu akhirnya tiba,pagi hari itu saya gencar menulis di twitter kalo udah pasti nonton JKT48 di malam harinya.hahahaha memang sejak lama saya sudah mengaggumi negara jepang dan apa saja yang berbau jepang entah itu musiknya,anime nya ( terutama serial Detective conan ) ,kerja keras negara mereka hingga bintang film drama yang mereka punya. yah,suatu saat nanti saya HARUS mengunjungi negara jepang bagaimanapun caranya :) .

setelah itu siang harinya saya mengkonfirmasi lagi ke orang yang saya ajak nonton,ternyata di tidak jadi ikut dengan berbagai alasan.ya sudah meskipun cukup kecewa dengan janji yang dibuat,ya gimana lagi mau nyari temen lagi tapi udah terlalu mendadak.

Dengan mempelajari perjalanan melalui google maps dan refrensi keluarga yang pernah berkunjung kesana,akhirnya pukul empat sore saya nekat berangkat sendiri ke Batu Secret Zoo ! selama perjalanan di kota Malang sempat menemui beberapa kali kemacetan lalu lintas.singkat cerita saya akhirnya memasuki gapura selamat datang di kota Batu,berdasarkan saran dari keluarga saya akhirnya saya menuju Batu Secret zoo melalui jalur alternatif.ternyata jalurnya itu melewati perkampungan.jalanannya sih sepi dan sangat lancar tapi tiba-tiba perjalanan tersendat karena ada atraksi kuda lumping di pinggir jalan,banyak orang berkerumun disitu dan sialnya motor yang saya kendarai berhenti di depan orang yang sedang melakukan atraksi dan untungnya tidak lebih dari 5 menit.lah,lima menit aja udah keringetan dan baca al-fatihah bolak balik kok apalagi ngeliat ada yang kerasukan sampe melotot dan bau kemenyan.

Setelah beberapa menit perjalanan rasanya kok gak sampai-sampai,apalagi perjalannya itu hanya menanjak gunung.beberapa saat kemudian tiba-tiba motor saya di berhentikan oleh dua orang ibu-ibu (gayanya semacam manggil ojek gitu) setelah berhenti ternyata ibu-ibu tadi meminta saya untuk mengantarkan temannya untuk menuju ke terminal terdekat karena di daerah situ sangat sepi sekali tidak ada angkutan kota yang lewat,karena kasihan dan meyakinnkan  *takut tiba2 kena tipu* akhirnya saya antar saja,siapa tau saya dapat petunjuk dimana letak Batu Secret Zoo(BSZ). ditengah jalan dimulailah percakapan :

Saya  : mau kemana bu ? ( persis kaya penawaran tukang ojek )
ibu2   : tolong anterin ke perempatan di depan ya mas.disini soalnya gak ada angkutan kota      yang lewat
saya    : oh,iya bu (padahal gak tau lokasi perempatannya di mana,disisi lain otak pikirannya dimana ini lokasi batu secret zoo )
akhirnya sayapun bertanya kepada ibu itu,untuk memastikan jalur yang saya lewati ini memang kearah BSZ.
saya   : maaf bu,tau lokasi Batu Secret Zoo nggak ?
ibu     : aduh saya nggak tau mas,saya bukan orang sini,saya cuma ditugaskan dari daerah saya untuk dinas sehari disini.loh, mas bukan orang sini ?
saya    : bukan bu,saya baru pertama kali kesini... (dalam hati "duh,emaaaaakkk pulangin aku ke balikpapan,anakmu sepertinya nyasar nih !")

eh,tiba2 gak berapa lama ternyata saya akhirnya melewati BSZ.tapi karena sudah membawa tumpangan yah harus dianter dulu.untung gak jauh dari BSZ tiba2 nemu pertigaan yang cukup ramai dan ibu2 itu minta diturunkan disitu saja.ketika turun ibu itu berucap "terima kasih banyak ya mas udah di anterin" entah,kenapa kalo ada kata-kata seperti itu terucap rasanya seneng banget.hahaha

akhirnya sayapun tiba di BSZ ternyata tempatnya bagus bener.tetapi sayangnya saya hanya ada pelatarannya saja,tidak sampai masuk kedalam.perjalanan yang saya jalani dari kota malang sampai ke kota batu ternyata "hanya" 1 jam 5 menit tapi rasanya kok kayak seharian ya !? sambil nuggu konser di mulai saya duduk-duduk dulu disekitaran BSZ sambil twitteran hingga pulsa hp habis total.ini ada sedikit gambar yang diambil waktu berada di BSZ (saya gak tau nama gedungnya karena baru pertama kali kesana)

kalo diliat kaya museum... CMIIW

hotel yang ada di batu secret zoo

Akhirnya waktu acarapun tiba,tepat pukul 19.00 acara dimulai tetapi JKT48 baru naik panggung sekitar pukul 21.00 padahal di akun twitter officiallnya ditulis bahwa JKT48 akan show pada pukul 20.00.ada yang menarik disini,karena saya terbisa melihat live konsernya Superman Is Dead ( saya penggemar SID dan sudah 3 kali saya menonton konser band asal bali ini,eh gak salah ? yap,selera musik saya memang "random" kapan2 aja di bahas,karena saya hanya penikmat musik ) IMHO,kompaknya fans JKT48 luar biasa.padahal idol group ini baru satu tahun didirikan melalui audisi yang cukup ketat,sekarang malah sudah ada generasi yang ke 2.Saya melihat segerombolan bocah,mungkin masih SMP sebelum konser dimulai berkumpul di barisan belakang ( kebetulan tepat di depan saya ) menyalakan laptop dan dan speaker lalu menyetel lagu AKB48 cukup nyaring.mereka lalu melakukan tarian dan yel-yel atau biasa di sebut juga Wotagei.

wuih,keren ngefansnya sampai seperti itu,mungkin mereka udah hapal mati gerakan dan yel2 yang mereka teriakan yang biasanya hanya saya lihat ditipi.tidak hanya di jakarta yang merupakan "homebase" mereka ternyata fans JKT48 di area jawa timur juga cukup banyak,terbukti banyaknya fans yang datang dari berbagai daerah,mulai dari bocah SD sampai om-om semua berkumpul di situ.mayoritas dengan memakai baju warna merah bertuliskan JKT48.

JKT48 pun akhirnya naik keatas panggung malam itu di awali dengan lagu Aitakatta.mereka tidak lupa juga berinteraksi dengan para fansnya.yang menarik setiap mereka mengakhiri kalimat mereka beberapa kali meneriakan kata2 "yeeeeeeyyyyyyy !!!!" ( gak tau kenapa mereka berteriak seperti itu,mungkin saja memberikan cemungudh buat fansnya ) selain itu di atas panggung juga dirayakan ulang tahun dari personil mereka yaitu Nabilah, Nabilah merupakan anggota termuda (kalo nggak salah) karena masih berumur 13 tahun,tapi kalo diliat di tipi-tipi cerewetnya kayak emak-emak :)

Malam itu saya cukup kecewa karena JKT48 hanya menampilkan empat lagu, udah gitu lagu-lagu yang mereka bawakan sudah SERING sekali nongol di televisi nasional seperti aitakatta,kimi No koto ga suki dakara,pony tail no shushu ,dan tentu saja Heavy rotation .terjadi sedikit penyesalan juga karena saya daatang kesana karena penasaran dengan lagu-lagu mereka yang jarang di bawakan di televisi nasional atau bahkan belum pernah di perlihatkan secara luas seperti kiss shite son shichatta ,shonici,boku no sakura,gokigen naname na mermaid,ataupun Wasshoi J! tapi disisi lain saya puas karena bisa melihat kecantikan melody,sonya,shania dll secara langsung.hahaha selain itu kalo nggak karena mereka saya mungkin tidak akan pernah tahu dimana itu Batu Secret zoo :)

jam sudah menunjukan 22.00 saya beruntung ternyata JKT48 tidak tampil sebagai penutup acara ternyata masih ada satu band ibukota yang akan perform dan ini bukan selera musik saya. cuaca semakin dingin dan berkabut saya memutuskan untuk kembali ke kota Malang.kali ini hanya mengandalkan insting dan mengikuti beberapa kendaraan di depan saya karena tak tau arah jalan pulaaang aku tanpamu butiran debuuuuu *lah,malah nyanyi* pokoknya yang di inget tadi waktu dateng hanya menaiki gunung,berarti sekarang pulangnya menuruni gunung.alhamdulillah nyampe rumah dengan selamat pukul 23.00

"terimakasih sudah membaca artikel saya baik sengaja ataupun tidak sengaja,maaf kalau ada salah kata,maaf juga gak ada gambar dari member dari JKT48 yang berkunjung ke Batu,yang pasti semua cerita diatas true story,100 % tanpa copas :)"