Kamis, 02 November 2017

Perjalanan Naik Kereta Api Dari Jakarta ke Malang ,Melelahkan !

      Selama tinggal di Balikpapan saya selalu dibuat penasaran,gimana sih rasanya naik kereta api ? enak gak sih ? karena selama saya tinggal di Kalimantan belum pernah merasakan "enaknya" naik moda transportasi ini.Kereta api masih belum ada di Kalimantan,sekian tahun lalu memang ada wacana bakal ada kereta api antar propinsi di Kalimantan tapi hanya sebatas "wacana".

      Saya sempat iseng-iseng nanya ke orangtua saya,gimana sih rasanya naik kereta api ? terus langsung dijawab dulu waktu kamu umur 2 tahun pernah kok naik kereta api waktu mengunjungi keluarga di Bandung.hmmm...terakhir naik kereta umur 2 tahun ya ? berarti sekarang saya sudah lupa rasanya naik kereta.hahahaha

      Beberapa waktu lalu kegiatan saya berpusat di Ibukota Jakarta,jika ingin pulang ke Malang saya harus berpikir untuk menghemat pengeluaran karena intensitas saya untuk pulang juga lumayan sering.pilihan moda transportasi yang banyak di Pulau Jawa memudahkan saya untuk memilih.selisih harga antara pesawat dan kereta api yang lumayan bisa ditabung akhirnya membuat saya mencoba menggunakan Kereta Api untuk pertama kalinya.

        Untuk perjalanan ke Malang saya selalu menggunakan kereta api Ekonomi Majapahit yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen ( PSE ). kenapa saya memilih Kereta Majapahit ? karena waktu kedatangan di Kota Malang yang ideal yaitu jam 10 pagi.sebenarnya kereta Matarmaja jam kedatangannya juga enak tapi tiket kereta ini cepat sekali habisnya karena banyak peminatnya.berikut ini sedikit informasi mengenai kereta api ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen tujuan kota malang berserta harga tiketnya.

KERETA API          |   KEBERANGKATAN  |    TIBA      |    HARGA TIKET
 JAYABAYA                     13.00                   02.42           Rp 220.000

MATARMAJA                  15.15                   07.51           Rp 109.000

MAJAPAHIT                   18.15                   10.05           Rp 220.000


     Kalau memilih Kereta Api saya menggunakan kereta Ekonomi karena masih ada selisih harga yang cukup signifikan daripada transportasi pesawat,jika tiket ekonomi habis saya memilih tidak menggunakan kereta Eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir karena harganya tidak berbeda jauh dengan pesawat,kalau ingin perjalanan santai boleh la naik kereta tapi kalau ingin efisiensi waktu bisa naik pesawat.

     Lama tempuh kereta ekonomi dari Jakarta ke Malang kurang lebih selama 15 jam,kalau awal-awal naik kereta api saya sih selalu merasa excited dan sangat menikmati pemandangan-pemandangan yang dilewati tapi terkadang juga sangat melelahkan harus melakukan perjalanan yang sangat lama apalagi kalau sudah masuk pertengahan perjalanan,saya sulit sekali untuk memejamkan mata / tidur karena hampir setiap jam kereta akan berhenti di beberapa stasiun yang menjadi tujuan Kereta Api Majapahit sebelum tiba di Stasiun akhir yaitu Malang.berikut ini beberapa stasiun pemberhentian Kereta Api Majapahit :

Jakarta PasarSenen --> Cirebon Prujakan --> Tegal --> Pekalongan --> Semarang Tawang --> Solo Jebres --> Walikukun --> Paron --> Madiun --> Nganjuk --> Kediri --> Tulungagung --> Blitar --> Wlingi --> Kepanjen --> Malang Kota Lama --> Malang Kota

     Sebelum naik kereta pastikan nama di tiket kereta sama seperti di kartu identitas ( KTP ) ,kalo laper dan pingin ngopi biasanya nanti diatas kereta ada mas-mas dan mbak-mbak yang akan menjual makanan,tapi hanya di waktu tertentu,mau bawa makanan sendiri juga boleh.saran saya jika sudah diatas kereta sewa bantal seharga Rp 7000 .meskipun tidak senyaman bantal dirumah tapi itu sangat berguna banget untuk sebuah perjalanan yang cukup panjang apalagi kalau kursi disebelah dan disamping kita kosong bisa sambil selonjoran dan tidur-tiduran.saya pernah tidak menyewa bantal rasanya badan sampe malang pegel semua.hahahaha







 























       Meskipun hanya kelas Ekonomi bukan eksekutif kereta Majapahit sudah dilengkapi dengan Air Conditioner ( AC ) jadi anda persiapkan bawa jaket,soalnya kalau malam dingin banget.selain itu di kereta juga disediakan colokan charger untuk handphone dan power bank jadi tidak perlu khawatir baterai HP habis.




Baca Juga :

5 komentar:

  1. Salam kenal pak prayogi,,

    Saya mau tanya kira2 kalau bawa balita 4thn nyaman tdk naik majapahit? Maksud saya sandaran punggung nya cukup nyaman kah? Sandaranya terlalu tegak tidak? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo,salam kenal juga bapak/ibu...
      kalau untuk ukuran kereta ekonomi,kereta majapahit termasuk cukup bagus dibandingkan kereta lain (cth : malabar ) yang memiliki seat hingga tiga orang sehingga lebih sempit,selain itu ruang untuk kaki kereta majapahit juga lebih lebar.kalau untuk sandaran kereta majapahit sama seperti kereta ekonomi lainnya yaitu tegak,sebaiknya sih menyewa bantal.untuk nyaman atau tidaknya apabila membawa balita sih tergantung rutenya,kalau dari jakarta ke malang kurang lebih memakan waktu 15 jam dan bagi sayapun itu cukup melelahkan...

      Hapus
  2. Om, KA MATARMAJA ko saya liat di traveloka bulan januari 2019 udah gak ada ya? Apa diganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau liat di twitter KAI sepertinya untuk sementara ditiadakan karena ada penyesuian tarif

      Hapus
  3. Pak mau tanya, kira2 waktu sampai ketujuan sesuai tidak dengan yang ditiket? Apa ada kendala di perjalanan?

    BalasHapus