Sabtu, 30 November 2013

Kuliner Favorit Saya di Balikpapan

     Cuaca sedang hujan gini paling enak memikirkan makanan yang anget-anget dan tiba-tiba jadi kangen makanan yang enak di Balikpapan.Di Malang ini sebetulnya banyak makanan enak dan murah sih cuma tetep aja rasa lidah orang Balikpapan gak bisa bohong.hehehe... Di tahun 2016 saya juga sudah merampungkan tulisan Kuliner favorit saya Di Balikpapan Jilid 2 ( tulisan bisa klik disini )

      Sayangnya sekarang sedang menjalani program diet dari berpisah jarak yang cukup jauh dari Kota Balikpapan,beda pulau pula.entah kapan saya balik lagi ke Balikpapan.tunggu sukses ? mungkin saja...hahaha *curcol* 

      Saya akan memberikan beberapa jenis makanan yang Wajib saya makan ketika pulang ke Balikpapan,semoga ntar kalo pulang ke Balikpapan bisa dapet diskonan/gratisan karena warung yang jual laris gara-gara baca tulisan ini #halah,langsung saja ! ma'ap kalo fotonya keliatan gak enak,tapi rasanya beneran enak kok...o,iya harganya tidak persis seperti apa yang saya tulis ya,bisa lebih mahal ataupun lebih murah,tergantung kurs rupiah ditanggal pembaca melihat postingan saya.hahaha

KEPITING KENARI 

    setiap orang luar kota yang berkunjung ke Balikpapan pasti nanya, "apa sih makanan yang khas dari kota Balikpapan ?" jelas agak bingung jawabnya karena Kota Balikpapan banyak pendatang dari bermacam-macam suku dan pulau yang berbeda jadi mereka membawa kuliner khas kota masing-masing ke Balikpapan.tapi yang satu ini cukup sulit kalo dicari didaerah lain apalagi yang jauh dari laut.salah satunya hidangan kepiting,berhubung Kota Balikpapan berada di pinggir pantai + laut jadinya ( insya allah ) gak bakal kehabisan stock kepiting.Kepiting kenari letaknya sekitar 5 menit dari Bandara sepinggan.disini terdapat berbagai macam menu kepiting dan yang paling fenomenal adalah Kepiting saus asam manis dan kepiting lada hitam ,tapi saya paling suka nasi goreng kepiting karena gak perlu repot-repot buka cangkangnya.untuk makan disini butuh budget yang besar harga perporsinya bisa mencapai 150-300 ribu rupiah *saya agak lupa persisnya* tapi itu cukup untuk beberapa orang kok...
 itu dia tempatnya,nggak jauh dari bandara kok...


NASI KUNING HAJI DAUD
     
     Kalo di Malang biasanya sarapan yang khas adalah nasi pecel atau nasi Jagung,di Balikpapan yang paling enak adalah sarapan nasi kuning / naskun.nasi kuning haji daud ini sudah cukup lama ada di Kota Balikpapan dan terkenal.karena terkenal akhirnya sekarang harganya Rp 20.000 perporsi (mungkin sekarang naik).cukup mahal memang ! udah gitu porsinya tidak sebanyak dulu.tapi rasanya itu loh...subhanallah ! *curhat* kalo mau nyari letaknya di Jl. Letjen Suprapto.nggak jauh dari hotel blue sky,KFC dan sentral kok.o,iya haji daud buka cabang di daerah pasar segar juga.


SATE PRAPATAN

      Satay ! Satay ! kuliner khas indonesia yang paling gak ada lawannya yang satu ini,orang bule aja pada suka apalagi orang lokal,penjual sate di Kota Balikpapan memang cukup banyak,tapi yang enak dikit ! #modeliklan .salah satunya adalah yang ada di daerah prapatan.kalo di Malang satenya kebanyakan adalah "sate laler" bukan,bukan lalat yang di jadikan sate tapi sate ayam di potongnya kecil-kecil,biarpun udah makan 20 tusuk tetep aja nggak kenyang.nah ni beda lagi sama yang ada di daerah prapatan,Kota Balikpapan.20 tusuk ? bakalan kenyang banget,apalagi rasanya yang maknyus ! harganya ya rata-rata orang Balikpapan lah,harga satu tusuk Rp 2000,- ! hahahaha


duh,saya jadi kangen makanan ini :(

 GADO-GADO SURABAYA STADION PERSIBA 

     Tau makanan ini gara-gara mama saya,rasanya mantep isinya sayur-sayuran,tahu,tempe,telor.enak,sehat dan bergizi pastinya.tempat jualannya persis di pusat kuliner pelataran stadion Persiba Balikpapan Komplek Parikesit.seporsinya Rp 13.000


NASI UDUK PASAR PANDANSARI

   Setiap hari sabtu atau minggu adalah "ritual" mama saya belanja ke pasar,biasanya sih ke pasar pandan sari.dan makanan yang wajib di titipi ketika ke Pasar Pandansari adalah nasi uduk ini.yang jelas ini langganan sejak saya masih SD ! rasanya mantap,nggak pernah nemuin nasi uduk model gini selain di pasar pandan sari...
-tempatnya di dalam pasar pandan sari
-seporsinya *lupa harganya,yang jelas makanan di Balikpapan diatas Rp 10.000 semua ! :p*



BUBUR AYAM DEPOT NIKMAT
      
      Waktu SMP pernah sakit tenggorokan sampe gak bisa makan setelah itu di belikan bubur oleh orangtua saya dan sejak saat itu saya ketagihan karena rasanya yang gurih.meskipun gak sakit tenggorokan terkadang tiap pekan minta di belikan bubur ayam ini bergantian dengan nasi uduk.hehehe
-tempatnya di dekat nasi kuning haji daud,arah masuk pasar pandan sari
-harganya Rp 20.000 gak pake telor,kalo pake telor Rp 22.000

NASI GORENG 

    Ini yang terakhir,nasi goreng terenak sejagad alam semesta.rasanya bisa bikin melayang-layang mungkin ada teri medannya dan di bumbunya di masukkan juga sesendok cinta.hahahaha ! udah gitu harganya gratis pula.tempatnya ? dirumah saya karena yang buat ayah saya.hehehehe :)


ahghhghghghgh....pingiiiinnnn ini :')

mungkin itulah beberapa kuliner favorit & yg di kangenin saya ketika ada di kota tercinta dan tersayang ! 


Baca Juga :