Minggu, 16 Oktober 2016

Trip To West Java : Jangan Ganggu Rencana Saya !

       Bingung dan "gemes" sendiri,itulah yang sempat saya rasakan ketika sedang berlibur di Bandung.mungkin rasa itu belum hilang hingga saya menulis tulisan ini,bukan...bukan karena pengalaman buruk yang saya rasakan ketika sedang belibur ke Bandung,namun karena masalah lain yang saya anggap sangat sepele dan tidak penting yang lama-lama menjadi besar.saya pun tidak menyangka drama ini bisa panjang seperti sinetron-sinetron di Indonesia.tapi ya sudahlah...liburan harus tetap menyenangkan ! ^^

      Perjalanan ke Bandung kali ini sudah di rencanakan sejak jauh-jauh hari,mungkin sekitar 3 bulan yang lalu.semenjak abang Rusydi masih menjadi  pengajar di pulau Papua yang jauh disana,dan di matangkan kembali ketika sudah pulang ke Malang.Perjalanan ini berbeda dengan perjalanan saya biasanya,biasanya tinggal "terima jadi" alias sudah ada supir,hotel sudah dipesankan dan tinggal menikmati tapi kali ini harus merencanakan sendiri rencana perjalanan.

     Kawah Putih ? Tangkuban Perahu ? semua sudah masuk rencana awal perjalanan kami menuju Jawa Barat.dan setelah itu kami mencari cara agar sampai disana menggunakan kendaraan umum dan mencarinya dengan referensi di Google.ternyata lebih mudah mencari referensi kendaraan umum ke kawah putih daripada ke Tangkuban Perahu,karena ke Tangkuban Perahu kemungkinan harus menyewa mobil dan memakan budget yang cukup besar maka dengan berat hati tidak jadi di masukkan dalam rencana kami.namun suatu saat pasti kesana !

     Penginapan ? saya juga mencari referensi melalui internet,dimana penginapan murah dan terbaik selama kami berada di Bandung dan akhirnya saya menemukan Chez Bon Hostel yang terletak di Jalan braga.menurut innformasi di google,hostel ini milik pak bondan dan rating untuk hostel ini cukup bagus di internet.harga permalamnya juga cocok untuk para backpacker yaitu Rp 150.000,-.mas-mas yang melayani di sini juga sangat ramah-ramah.





     Ini adalah kali pertama saya menginap di hostel,beberapa hari sebelumnya saya sudah sempat reservasi kamar untuk 2 orang di kamar small room.untuk di ketahui chez bon hostel memiliki tiga jenis kamar,yaitu Small room ( satu kamar berisi 2 kasur ) ,Medium Room ( satu kamar berisi 6 kasur ) dan Large Room ( satu kamar berisi 16 kasur ) .disinipun kami disediakan sarapan yaitu roti,telur dan selai yang uniknya kami harus memasak sendiri ( maklum masih backpacker amatir.jadi masih takjub liat beginian )

     Hari pertama saya sempat dongkol karena kamar small room yang kami pesan belum tersedia,jadi saya terpaksa menginap dikamar large room yang berisi 16 kasur,tapi hari itu hanya terisi sekitar 8 kasur.tapi kedongkolan saya tiba-tiba ilang.rasanya jadi seneng aja  aja bisa tidur rame-rame meskipun tidak saling kenal.tapi gak enaknya adalah ketika ingin mengobrol mengenai rencana kami esok hari,takut berisik dan mengganggu tamu lain yang sedang beristirahat.



      Akhirnya mulai hari kedua kami pindah ke kamar Small room,disini kami jadi lebih "bebas" bergerak.meskipun kamar kami terpisah dengan lain.kami masih bisa berinteraksi dengan tamu lain ketika sarapan.inilah kelebihan dari hostel,kita bisa mendapatkan informasi dan bertukar pengalaman dengan tamu lain.saya sempat mengobrol sebentar dengan mas-mas yang sudah punya pengalaman kerja di hotel dan sekarang sedang mengelola hostel di Pangandaran.jadi saya tahu sedikit-sedikit rasanya berkerja di dapur.kebetulan !

         Rencana perjalanan sudah oke...penginapan juga sudah oke...sekarang adalah memikirkan bagaimana caranya agar sampai di Bandung.beberapa opsi di pertimbangkan,diantaranya adalah naik kereta api,naik bus umum,naik travel atau naik pesawat pribadi ( yang terakhir abaikan ).karena bertepatan dengan hari libur panjang,tiket keretapun sudah habis terjual untuk keberangkatan.

        Pilihan yang tersisa adalah naik bus atau naik travel,sebelum menjelajahi Kota Bandung ini saya sempat mempelajari peta kota Bandung di google maps dulu,melihat Terminal bus yang lumayan jauh dari penginapan kami maka kami memilih naik travel.ternyata permasalahan tidak sampai disitu,travel mana yang akan kami gunakan ? mengingat banyak sekali travel dari Jakarta menuju Bandung.

        Berhubung selama saya tinggal di Jakarta saya sering mainan ke FX Sudirman ( yang sudah saya anggap sebagai rumah kedua selama di Jakarta.LOL ) maka saya sudah mengetahui seluk beluk tempat itu dan kebetulan disitu ada travel Daytrans yang melayani perjalanan Jakarta-Bandung,karena penasaran saya sempat mencari-cari referensi dulu di Internet,dimana base travel ini ketika tiba di Bandung.

       Ternyata DayTrans mempunyai beberapa base di Jakarta termasuk di FX Sudirman,dan tujuan akhir kalau berangkat dari FX adalah Dipatiukur,saya lihat di google maps tempatnya tidak terlalu jauh dari penginapan saya,hanya sekitar 3 Kilometer saja,apalagi di Bandung sudah ada aplikasi Gojek,jadi dipilihlah travel Daytrans untuk keberangkatan kami ke Bandung,biaya travel 125.000 dan menurut saya selama perjalanan travel ini sangat nyaman sekali.


       Semua rencana sudah dibuat,sekarang tinggal bagaimana mengeksekusinya saja.ternyata dalam sebuah perjalanan,rencana itu juga cukup penting meskipun terkadang fakta dilapangan berkata lain namun karena kita sudah punya rencana kita akan tahu gambaran apa yang akan kita hadapi.sebetulnya di perjalanan ini pun ada beberapa hal yang meleset.mari menikmati Kota Bandung !


 BERSAMBUNG




Baca Juga :

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar