Selasa, 09 Agustus 2016

Tekapar Karena Demam Berdarah

      Bulan ini sepertinya banyak hal yang ingin saya ceritakan,Awalnya saya ingin bercerita mengenai kelanjutan perjalanan saya ke Sumatera Barat,namun ternyata keyboard laptop saya sempat rusak,akhirnya saya mengurungkan niat saya sesaat dan akan menulis lagi setelah laptop ini saya perbaiki setibanya saya di Kota Malang untuk merayakan lebaran.tapi takdir berkata lain,sakit yang tak terduga muncul tiba-tiba ketika saya sampai di Kota Malang.

     Sabtu 2 Juli 2016 setelah makan sahur tiba-tiba saya merasakan rasa dingin yang luar biasa,tubuh saya mulai mengigil,awalnya saya mengira udara Kota Malang sedang mencapai puncaknya,Kota Malang emang terkenal dengan udaranya sangat sejuk.setelah sholat subuh saya melanjutkan tidur.sebelum tidur saya sempat bertanya sebentar ke mamak saya "ini udaranya emang dingin banget ya mak ?","iya,udaranya emang lagi dingin" 

     Setelah bangun tidur saya malah merasakan rasa panas yang luar biasa di tubuh saya,ada yang gak beres nih,sepertinya saya masuk angin.saya meminta tolong Mbak Sun ( yang bantuin di rumah ) untuk kerokin badan saya karena saya sudah merasa gak enak banget,dan ketika di kerokin badan saya sudah merah banget."iya,mas ini kayanya masuk angin deh,badannya merah banget".

     Di kerokin saja ternyata tidak cukup,rasa-rasanya badan saya semakin memburuk,tiba-tiba perut saya sangat mual sekali akhirnya saya muntah-muntah,tidak hanya sekali tapi hingga berkali-kali hingga badan saya lemes.setelah itu disiang hari setelah mamak saya pulang dari tempat saudara saya dan mengetahui saya sedang tekapar di kasur,mamak saya langsung khawatir dan menawarkan untuk memeriksakan ke rumah sakit tapi langsung saya jawab "dulu pernah kaya gini kok,palingan besok juga sembuh"

      Keesokan harinya keadaan badan saya tidak juga berubah malah di perparah dengan murus dan harus bolak balik ke kamar mandi,hingga akhirnya batas kemampuan badan sayapun tiba "kalau ini gak berubah nanti setelah sholat dzuhur minta dibawa kerumah sakit ajalah",ternyata bener aja keadaan badan gak berubah dan mata rasanya juga panas."ayah,tolong anter yogi ke rumah sakit dong..."

      Setelah sampai di rumah sakit dan mendaftar di resepsionis saya segera menuju ke IGD,disana saya di periksa macem-macem termasuk suhu badan dan ambil darah.suhu badan saya saat itu mencapai 38,9 derajat dan saya di sarankan untuk rawat inap karena saya juga mengalami dehidrasi berat akibat dari muntah dan murus.ya sudah dengan berat hati dan demi kesehatan saya harus menginap di rumah sakit.oh iya,ini kali pertama seumur hidup saya harus menginap di rumah sakit.semoga ini yang terakhir nginep di rumah sakit !

    Di hari pertama saya menginap di rumah sakit,trombosit saya masih normal yaitu 151.000 sel/mm3 (kisaran normalnya adalah 150-400),setelah itu di hari kedua ternyata trombosit saya semakin menurun diangka 80,hingga mendekati lebaran Idul Fitri trombosit saya malah semakin menurun.semoga besok sudah naik ya trombositnya biar bisa lebaran di rumah.menurut suster disini apabila trombosit sudah naik,saya sudah diperbolehkan pulang.
tekapar dirumah sakit untuk pertama kalinya (jangan lagi-lagi deh)

    Di hari Lebaran pun trombosit saya ternyata belum meningkat malah semakin menurun diangka 48,terpaksa saya harus merelakan tahun ini untuk berlebaran dan beristirahat di Rumahsakit,meskipun saya harus lebaran di rumah sakit saya bisa menikmati masakan yang dibuat oleh mama saya yaitu opor ayam dan telur petis tapi rasanya menjadi pahit semua karena sedang sakit.haiiissssss...sedihnya !

     Saya bersyukur karena ketika saya sakit dan harus di rawat di rumah sakit,saya pas sedang berada di Kota Malang untuk liburan. di kota ini dimana saudara-saudara saya berkumpul jadi bisa di jengukin tiap hari.bagaimana kalau saya sakit di Jakarta ? di kota ini saya tidak punya keluarga, di Jakarta cuma numpang hidup dan numpang belajar aja biar masa depan bisa lebih cerah.hahahaha 

      Selama di Rumah sakit hampir tiap pagi di suntik melalui selang infus ( dan rasanya dingin-dingin ngilu di tangan ) katanya sih agar lambung saya kuat,selain itu untuk meningkatkan trombosit saya memakan beberapa jenis makanan yaitu jus buah bit,jus jambu merah,angkak semua dihajar.makan ya juga makan seperti biasanya aja meskipun di beberapa hari awal rasanya emang pahit (makanya begitu keluar rumah sakit berat badan cuma turun 0,2 kg )

      Akhirnya penantian panjang nan membosankan pun tiba di hari ke 7 , trombosit saya akhirnya naik ke angka 80 meskipun masih jauh dari batas normal tapi karena trombosit saya sudah naik saya sudah di perbolehkan pulang.hore ! tau gak sih setelah pulang dari rumah sakit saya di mandiin oleh mamak saya ( masih pake celana tentunya ! ) bayangin aja seminggu gak mandi karena tekapar diatas kasur jadi muka saya banyak jerawat gede-gede dan ketombe yang juga gede-gede.

      Sehari dirumah semua makanan yang ada di dapur saya gentak karena indera perasa saya sudah kembali normal,meskipun saya sudah kembali kerumah, 2 hari berikutnya saya harus kembali lagi ke rumah sakit bukan...bukan...untuk menginap lagi,tapi untuk memeriksa dan memastikan trombosit saya sudah kembali normal. saya harus mengambil darah saya di lab prodia karena dirumah sakit itu tidak menyediakan lab ambil darah bagi pasien rawat jalan.

      Saya kira lab prodia di Malang masih di tempat dulu,ternyata sekarang sudah pindah di jalan Jakarta dan tempatnya cukup bagus.setelah ambil darah sebentar dan hasilnya bisa diambil 3 jam kemudian.saya menuju ke rumahsakit sore harinya dan akhirnya saya dinyatakan sembuh dari DBD karena trombosit saya sudah menyentuh 330.alhamdulillah !

Baca Juga :
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar