Kamis, 07 Juni 2018

Trip To East Java : Kapal Selam Terdampar di Surabaya ?

  Seberapa besar sih ukuran kapal selam ? kalo liat di film-film ukurannya gede banget,apakah benar segede itu ? rasa penasaran saya ini terjawab ketika saya berkunjung ke Monumen kapal selam yang ada di Suabaya.sudah cukup lama saya penasaran dengan tempat ini.kalo ke surabaya tempat ini akan menjadi list teratas untuk tempat yang sangat ingin saya kunjungi dan akhirnya kesampaian.

   Setelah dari Tugu Pahlawan saya melanjutkan perjalanan menuju ke Monumen Kapal Selam yang berada di Jalan Pemuda,Embong Kalisari,Genteng,Surabaya.tepatnya berada di Pinggir Sungai Kalimas.loh kok bisa ya kapal segede gitu "terdampar" disitu ? ternyata ada caranya agar kapal tersebut bisa ada disitu,agar tidak penasaran saya segera membeli tiket masuk di loket seharga Rp 10.000

    Jadi Kapal selam ini merupakan Kapal Selam asli yang bernama Pasopati 410,sebelumnya pernah dilibatkan dalam pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.Kapal ini setelah pensiun di jadikan monumen dan dipindahkan ke Embong Kalisari untuk mengenang keberanian pahlawan Indonesia.Pertanyaan mengenai bagaimana cara Kapal Selam buatan Russia bisa sampai di pinggir Sungai Kalimas akhirnya bisa terjawab,ternyata bukan kapal ini yang mengarungi Sungai Kalimas karena ukuran sungainya tidak terlalu lebar tapi dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian dan diangkut ke darat,dirangkai dan disambung kembali. 










  Begitu naik ke atas kapal dan memberikan tiket,kita akan di sambut mbak-mbak yag akan memberikan informasi singkat mengenai Kapal selam ini.tenang saja ketika kita masuk kedalam kapal selam ini kita tidak merasakan panas karena sudah diberi pendingin udara,di dalam Kapal Selam ini kita bisa melihat instrumen-Instrumen rumit yang mendukung operasional dari kapal milik TNI AL ini.











  Sebenarnya di area Monumen ini kita masih bisa menonoton film dokumenter mengenai Kapal Selam Pasopati 410,tapi berhubung perjalanan saya masih panjang dan jadwal filmnya masih satu jam lagi maka hari itu saya melewatkan film dokumener tersebut. 

BERSAMBUNG


Baca Juga :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar