Sabtu, 14 Juli 2018

Trip To East Borneo : Jembatan Mahakam & Islamic Center Samarinda

   Pulang ke Balikpapan ! rencana liburan kali ini adalah pergi ke Sangatta untuk mengunjungi saudara yang ada disana,saya pulang ke Balikpapan di temani oleh Mas Demmy,sebelum berangkat ke Sangatta saya akan menginap di Kota Samarinda selama satu malam karena perjalanan ke Sangatta melalui jalur darat cukup panjang.

   Jarak dari Balikpapan menuju ke Sangatta sekitar 290 Km,tidak seperti di Pulau Jawa,di Pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Timur belum terhubung akses Jalan Tol,sehingga mobilitas belum selancar di Pulau Jawa.sekarang memang sedang diadakan pembangunan ruas Jalan Tol yang menghubungkan Balikpapan dengan Samarinda,semoga tahun depan sudah bisa digunakan,agar mobilias masyarakat Kalimantan Timur semakin mudah.

   Karena Jarak yang cukup jauh menuju Sangatta,apalagi orangtua saya baru pulang kerja di sore hari maka diputuskan kami akan menginap di Kota Samarinda.jarak Balikpapan menuju ke Samarinda adalah sekitar kurang lebih 115 Km.selama tinggal di balikpapan biasanya sih kalau main ke Samarinda itu pasangannya main juga ke Kota Tenggarong,tapi sekarang saya cukup jarang mainan kesana.terakhir kapan ya ?

   Hanya ada beberapa Tempat yang saya suka kunjungi selama berada di Samarinda seperti Warung kediri diseberang gedung di DPRD,lalapan ikan mas dan lalapan ayam gorengnya mantab djiwa selain itu juga bingka kentang diarah mau ke stadion segiri (lupa nama jalannya).di Samarinda terdapat dua jembatan yang membentang diatas Sungai Mahakam menghubungkan Samarinda seberang dengan Samarinda Kota yaitu Jembatan Mahakam Ulu (Mahulu) dan juga Jembatan Mahakam / Mahkota.

    Jembatan Mahakam ulu (Mahulu),Awalnya jembatan ini dibangun untuk mengantisipasi kemacetan ketika di selenggarakannya PON 2008,namun karena "molor" Jembatan ini baru diresmikan pada tahun 2009.Jembatan ini digunakan sebagai "pemecah kemacetan" dari jembatan Mahakam.nah,sekarang jembatan ini lebih banyak di lalui oleh kendaraan-kendaraan besar karena kendaraan tersebut tidak boleh melintasi Jembatan Mahakam yang notabennya lebih dekat dengan Kota Samarinda.












   Jembatan Mahakam,salahsatu Jembatan tersohor di Kalimantan yang menghubungkan Samarinda Seberang dengan Kota Samarinda,Jembatan ini dibangun pada thun 1987,dan merupakan ikon Kota Samarinda.Jembatan ini beberapa kali pernah ditabrak oleh kapal Batubara,dan sampai sekarang tetap kokoh berdiri.ketika saya berkunjung ke Samarinda,sepertinya sedang ada pembangunan Jembatan baru,apakah sebagai pengganti Jembaran Mahakam yang lama ?



 











    Islamic Center Samarinda,salahsatu tempat ibadah umat muslim terbesar di Asia Tenggara.ketika berkunjung ke Samarinda saya berkesempatan untuk beribadah ditempat ini,sepertinya sudah tiga kali saya mengunjungi tempat ini.meskipun cuaca di Samarinda cukup panas sekali tetapi begitu memasuki area Islamic Center ini jadi berasa adem,ketika saya berkunjung kesini suasananya cukup ramai.selain orang-orang yang ingin beribadah,tempat ini juga digunakan sebaai tempat diskusi agama islam baik yang tua ataupun yang muda.








   Setelah satu malam berada di Samarinda,saya akan melanjutkan perjalanan menuju Sangatta.seberapa jauh perjalanannya ? saya akan menuliskan dipostingan selanjutnya




Baca Juga :


  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar