Senin, 17 September 2018

Trip To East Borneo : Kampung Wisata Bontang Kuala

   Jadwal yang cukup padat dibulan-bulan ini membuat saya semakin keteteran untuk menulis blog tepat waktu di awal bulan,selain itu tidak banyak tempat-tempat baru yang saya kunjungi akhir-akhir ini karena ada kegiatan yang harus saya jalani,semoga kalo ada waktu luang nanti bisa mengeksplore tempat baru,ada beberapa tempat yang ingin dikunjungi namun sejauh ini hanya sebatas wacana karena jadwal yang tidak memungkinkan.

   Pertama kali saya ke Kota Bontang adalah ketika ada acara gathering kantor orangtua saya,saat itu saya kalo tidak salah masih SMP atau SD.sayapun masih ingat dimana tempat menginap pada waktu itu,yaitu di hotel Bintang Sintuk yang terletak di dekat lapangan golf Bontang PKT.jadi waktu saya kembali ke Bontang saya menginap lagi di Hotel Bintang Sintuk selama satu malam.suasananya jauh sekali dari suasana perkotaan.

   Sehari di Kota Bontang saya sempat bingung ingin pergi kemana,nyari rekomendasi di gugel rata-rata menyarankan pantai.padahal sehari sebelumnya saya sudah mengunjungi pantai di Sangatta.akhirnya saya tertarik oleh sebuah tempat yang tidak jauh-jauh dari kata laut yaitu Kampung Wisata Bontang Kuala.kampung wisata ini juga bisa disebut sebagai kampung nelayan,karena mayoritas penduduk disini berprofesi sebagai nelayan.




   Dari gerbang masuk saya menyusuri Kampung wisata Bontang Kuala dengan berjalan kaki sambil menikmati suasana kampung ini.di kampung ini terdapat beberapa bangunan yang merupakan potensi cagar budaya yaitu bangunan-bangunan penting yang dibangun pertama kali di tempat ini,mulai dari Puskesmas,kantor polisi,hingga penjara.untuk yang berjalan-jalan disini harus berhati-hati,meskipun dibeberapa tempat jembatan kayunya sangat bagus sekali,namun dibeberapa tempat ada jembatan kayu yang kondisinya cukup burunk karena berlubang.





Cagar budaya Puskesmas pertama


Cagar budaya penjara bontang kuala


cagar budaya kantor camat pertama





   Saya berjalan di kampung ini hingga ujung,suasananya cukup bagus sekali melihat aktivitas warga sekitar ada yang sedang menjemur ikan asin hasil tangkapannya,ada juga nelayan yang baru akan pergi melaut.pulang dari Kampung Wisata Bontang Kuala saya membawa ikan asin yang merupakan kesukaan ayah saya.














   Akhirnya selesai juga kunjungan "marathon" Samarinda,Sangatta dan Bontang.Kalimantan Timur ternyata sangat luas sekali.masih banyak tempat yang belum bisa saya explore.suatu saat nanti !

SELESAI



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar