Senin, 24 Juni 2019

Trip To South Sumatera : Perjalanan Panjaaaaaannngggg

Akhirnya punya cerita lagi ! baru tadi malam tepat pukul 9 saya kembali ke kota malang,sejak perjalanan panjang saya menuju provinsi Sumatera Selatan,yaitu kampung halaman ayah saya.perjalanan kali ini menggunakan moda transportasi darat,bagaimanakah perjalanan saya selama 7 hari ini ? yang pastinya menyenangkan !

Sudah cukup lama ayah saya merencanakan untuk pergi ke Sumatera Selatan,tepatnya Kota Prabumulih menggunakan mobil.rencana itu semakin matang ketika idul fitri telah usai,sebelum berangkat ke Prabumulih mobil harus dipastikan dalam kondisi prima,berhubung bengkel setelah lebaran masih tutup dan harus menunggu antrian,maka si Xpander baru bisa masuk di hari Rabu.

Si Xpander sudah di service dan sudah gagah,hari keberangkatan diputuskan di hari kamis...tepat pukul 6 pagi kami berangkat dari kota Malang,dimulai dengan memasuki tol Singosari.karena sudah terhubung dengan Jalan tol,perjalanan ke Jakarta dilalui cukup cepat.Jika perjalanan lancar,Jakarta-Malang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 10 jam,namun seperti yag di ketahui jalanan dari Cikampek hingga Jakarta selalu macet,perjalanan kemarin di tempuh dalam waktu 12 Jam,dengan beberapa kali istirahat di rest area.

Selain waktu tempuh yang lebih cepat,pemandangan selama berada di Jalan tol membuat mata cukup segar,apalagi ketika memasuki daerah Solo & Yogyakarta,ketika udara cukup cerah saya dimanjakan dengan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu.Jembatan merah Kalikuto ikon tol trans-Jawa juga saya lewati,lokasinya berada di Batang,Jawa Tengah.

Sampai di Pelabuhan Merak pukul 9 malam dan kami akan segera menyebrang menuju ke Pelabuhan Bakauheni,Lampung menggunakan kapal eksekutif yang waktu tempuhnya lebih cepat,interior kapal yang saya naiki juga bagus dan nyaman sekali.sayangnya saya menaiki kapal di Pelabuhan Merak dan Bakauheni pada malam hari,jadi tidak banyak foto yang bisa saya ambil.setelah tiba di pelabuhan Bakauheni kami memutuskan untuk menginap di sebuah guest house yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan,sebelum esok hari melanjutkan perjalanan ke Prabumulih.

Pukul 9 pagi kami melanjutkan perjalanan menuju Prabumulih,140 Km awal kami masih bisa melewati jalan tol,nemun harus keluar di pintu tol Terbanggi Besar dan melanjutkan perjalanan melewati Lintas tengah Sumatera karena tol menuju Palembang,hanya dibuka fungsional sewaktu lebaran kemarin.jadi kami harus menikmati perjalanan trans Sumatera Lintas tengah dengan jalan yang berkelok dan tiba di Prabumulih pukul 6 sore.

Berhubung Pakde saya sudah "kapok" melewati lintas tengah yang berkelok dan beberapa bagian jalan rusak,maka pulangnya kami berencana untuk melewati jalur Lintas Timur,namun sebelum berangkat saya melihat berita jembatan yang menghubungkan lintas timur putus dia daerah mesuji ! untunglah tol Fungsional Kayu agung-Palembang dibuka,meskipun tol ini belum jadi sepenuhnya namun bisa mengurangi kemacetan yang terjadi.tiba di perbatasan Sumatera Selatan dan Lampung kami harus menuju keluar tol lagi karena masih ditutup dan melawati Lintas timur sebelum masuk di Terbanggi Besar.

Perjalanan menyebrangi antar pulau Sumatera dan Pulau Jawa kali ini lebih berat daripada berangkatnya salahsatu penyebabnya adalah kemacetan yanng terjadi akibat jembatan putus di Sumatera dan kemacetan di sekitar daerah Bekasi.berangkat pukul 6 pagi,kami baru tiba di Kota Bandung pukul 6 pagi keesokan harinya.istirahat sebentar di rumah keluarga sekaligus silaturahmi,sore harinya melanjutkan perjalanan menuju Cirebon dan menginap di sana.

Beres jalan-jalan di kota Cirebon,saatnya kembali ke Kota Malang.Pukul 2 siang berangkat,mampir di Brebes untuk membeli oleh-oleh Telur asin khas Brebes.dilanjutkan lagi perjalanan ke Kota Malang,tiba dikota Malang tepat pukul 9 malam.berakhirlah perjalanan yang sangat Panjang melewati 7 provinsi selama 7 hari yang cukup melelahkan.

Berkat perjalanan selama 7 hari ini saya cukup mempunyai banyak cerita yang ingin saya ceritakan di blog ini,kemana saja saya selama 7 hari itu ?