Kamis, 08 Agustus 2019

Trip To South Sumatera : Kampung Halaman Ayah

10 Jam Perjalanan dari Bakauheni telah dilalui,Jalur Lintas Tengah Sumatera yang berkelok dan beberapa bagian jalan rusak kami lewati,tepat di waktu adzan maghrib akhirnya kami tiba di Kota Prabumulih.waktu tempuh yang hampir sama seperti perjalanan dari Malang menuju Jakarta.perjalanan yang cukup melelahkan !

Prabumulih,salahsatu kota yang berada di bagian Sumatera Selatan yang juga di juluki Kota Minyak karena menghasilkan ribuan barel Minyak dan juga kota nanas karena Kota ini terkenal dengan buah nanas yang manis dan segar.begitu tiba di Prabumulih kami segera menuju ke kediaman kakaknya ayah saya untuk beristirahat karena perjalanan yang sangat panjang dan sangat melelahkan,masih banyak hal yang akan dilakukan esok hari.

Saya pernah berkunjung ke Prabumulih satu kali,tepatnya pada tahun 2001 ketika nenek saya meninggal dan itu adalah pertama dan terakhir kalinya saya berkunjung ke Prabumulih,dan hari ini saya kembali ! kemana tujuan saya selama berada di prabumulih membuat saya bingung karena di mbah gugel juga tidak memberikan banyak refrensi tempat-tempat yang bisa saya datangi.jadi yaaa selama di Prabumulih gak jauh-jauh dari ke tempat keluarga.

Setelah beristirahat mengumpulkan tenaga,keesokan harinya saya menuju kerumah,almarhum kakek dan nenek sekalian ziarah kubur ke makam beliau yang tidak jauh dari rumah,setelah itu makan siang pakai ikan asin dan pete yang rasanya nikmat sekali dan dilanjutkan dengan mengunjungi kebun milik kakek,karena beliau sudah tidak ada,jadi yang mengurus kebun ini adalah kakaknya ayah saya.

Ketika memasuki Kota Prabumulih,sepanjang jalan yang dilalui saya melihat banyak petani karet yang sedang menimbang hasil panen dari kebun karet mereka untuk di jual,ternyata di tanah yang dimiliki oleh kakek saya terdapat kebun karet yang sangat luas,sekarang kebun ini diurus oleh kakaknya ayah saya.saya jadi tahu bagaimana bentuk pohon karet dan darimana getah karet itu berasal.

Selama di Prabumulih saya juga mengunjungi rumah saudara ayah saya yang lainnya,lokasinya sebenarnya masih ada di dalam Kota Prabumulih.tapi...jalan untuk menuju kerumahnya seperti medan offroad.selain itu saya juga sempat jalan-jalan ke komplek Pertamina yang ada di prabumulih,suasananya sama persis seperti yang ada di Balikpapan ! duh...saya jadi kangen Balikpapan nih.

Sudah jauh-jauh datang ke Sumatera Selatan,pasti ingin berkunjung ke Ibukotanya yaitu Palembang,karena jaraknya tidak begitu jauh dari Prabumulih,maka saya menyempatkan juga untuk pergi menuju Palembang.