Kamis, 29 September 2016

Dewaruci , Kapal Legendaris Itu Berlabuh Di Balikpapan

        


      Baru saja kapal legendaris Indonesia berlabuh di Pelabuhan Semayang Balikpapan,sebenarnya sekarang saya sedang menulis beberapa tulisan mengenai perjalanan saya akhir-akhir ini.tapi berhubung kapal ini baru singgah kembali di Kota Balikpapan ( setelah pertama dan terakhir kali singgah tahun 2006 ) dan kebetulan juga saya sedang berada di Kota tercinta ini.maka tulisan ini menjadi prioritas saya.

      Saya sedang berada di Penajam ketika mengetahui kapal legendaris Indonesia yang bernama Dewaruci sedang bersandar di pelabuhan Semayang,Balikpapan.saya berada di penajam dalam rangka...kepingin naik kapal ferry dari Balikpapan menuju Penajam.(gak penting banget ya informasinya ) saya sempat mengunjungi salah satu pantai yang ada disana ( tulisan menyusul ).

      Kabarnya KRI Dewaruci merapat di dermaga Balikpapan sejak tanggal 26 September 2016 hingga 28 September 2016,sedangkan saya mengetahui berita bahwa Dewaruci merapat pada tanggal 27 September sore.begitu pulang ke Balikpapan saya cukup lelah sekali dengan petualangan saya hari itu,pingin langsung berangkat ke pelabuhan tapi capek,kalo nggak berangkat, kapan lagi dewaruci datang ke Balikpapan ?

      Keesokan harinya saya mencari berita kapan kapal dewaruci meninggalkan kota Balikpapan,jam berapa lebih tepatnya.akhirnya saya menemukan berita bahwa kapal Dewaruci akan meninggalkan Balikpapan pukul 14.00 WITA untuk menuju destinasi selanjutnya yaitu Semarang.oke,berarti pagi ini saya masih ada kesempatan untuk bertemu dengan kapal ini di pelabuhan semayang.

      Saya mengetahui KRI Dewaruci pertama kali ketika menonton sebuah acara di Kompas TV mengenai ekspedisi Dewaruci kelilingi dunia.menurut saya dicara itu Dewaruci keren banget,termasuk juga para awak kapal yang mengikuti ekspedisi tersebut.Kapal Dewaruci pertama kali diluncurkan pada Januari 1953,dibangun oleh H. C. Stulcken & Sohn Hamburg,Jerman.KRI Dewaruci memiliki 3 tiang utama,dan masing-masing tiang memiliki nama,yaitu tiang Bima,Yudhistira,dan Arjuna.



       Pukul setengah sebelas siang saya menuju pelabuhan Semayang yang tidak jauh dari rumah,konon katanya menurut berita yang saya baca di koran pengunjung kapal Dewaruci selama bersandar di pelabuhan Balikpapan mencapai lima belas ribu orang ! benarkah ? ternyata ketika saya tiba di pelabuhan Semayang,antusiasme warga Balikpapan sangat tinggi sekali,padahal cuaca siang itu cukup panas.


        Sudah sekian lama saya tidak pernah mengunjungi pelabuhan Semayang,padahal setiap pulang ke Balikpapan saya selalu lewat jalan di depan pelabuhan,mungkin ini karena saya memang tidak pernah menggunakan transportasi jalur laut melalui pelabuhan Semayang,pelabuhan ini masih sama saja seperti dahulu kala.tidak ada perubahan signifikan dari pelabuhan ini,memori masa lalupun tetap sama.
        


       Cuaca Balikpapan yang cukup panas ternyata benar-benar tidak mengurangi antusiasme warga Balikpapan untuk melihat kapal Dewaruci dari dekat,mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa hadir disini.kebetulan ketika saya datang juga bertepatan dengan kunjungan beberapa sekolah untuk melihat kapal ini,mulai dari murid SD,SMP,SMA semua ada untuk melihat kapal ini.

        Karena bersamaan dengan murid-murid sekolah yang memakai seragam saya jadi berasa ikut study tour bersama rombongan mereka.pengalaman menarikpun didapatkan disini,saya yang hobinya motret dan menenteng kamera kesayangan saya untuk mengabadikan momen langka ini tiba-tiba di tanyain seorang gadis SMP "om...om tukang photo buat kapai ini ya ? " .bukan itu saja,saya beberapa kali dimintain tolong untuk memotret orang dengan menggunakan kamera handphone mereka.menyenangkan ! hahaha

 gratis...gratis... :)

        Akhirnya saya menaiki kapal Dewaruci,kapal legendaris yang dimiliki Indonesia.meskipun cuacanya panas dan suasananya dipadati oleh lautan manusia tidak mengurangi antusiasme saya untuk mengabadikan momen langka di kota tercinta ini.kapal ini mengunjungi Balikpapan dalam rangka Latihan bersama para kadet yang berasal dari negara-negara di ASEAN dan ini diselenggarakan untuk pertama kalinya,pada tahun sebelumnya para kadet diajak berkeliling dunia tapi kali ini "hanya" berkeliling nusantara.

          Negara yang mengikuti Latihan gabungan ini diantaranya adalah Malaysia,Thailand,Kamboja,Filippina,Singapura berserta beberapa negara ASEAN lainnya.pada acara "open ship" kali ini para pengunjung bisa foto dengan para kadet-kadet yang sedang bertugas diatas kapal.beberapa murid juga dengan semangat bertanya dengan ABK senior mengenai kapal Dewaruci untuk kepentingan tugas sekolah mereka.

 





























         Ada kabar bahwa kapal Dewaruci akan di pensiunkan dan akan diganti dengan kapal asal spanyol,namun saya masih belum mengetahui kebenaran berita tersebut.menurut para petinggi TNI AL Dewaruci masih sanggup berlayar hingga 10 tahun kedepan.tapi apapun yang terjadi, Dewaruci tetaplah Legenda dan Kebanggaan Indonesia.



TAMAT 




 Baca Juga :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar