Senin, 05 Maret 2018

Trip To East Java : Pantai Balekambang, Malang

  Sebelum kembali ke Kota Malang saya menyempatkan diri ke Pantai Balekambang,rencana awal sih intinya ya cuma ingin mengunjungi pantai Goa Cina aja.berhubung belum kesorean + perjalanan yang cukup jauh dari malang,badan masih pegel semua terutama dibagian punggung,akhirnya saya memutuskan untuk mainan ke Pantai Balekambang.saya sih penasaran banget sama pantai ini karena dari semua pantai yang ada di Malang Selatan,Pantai ini yang paling banyak diomongin.

   Awalnya saya pikir jalan raya di daerah Malang Selatan rusak dan berlubang,sudah cukup lama saya tidak berkunjung ke Malang Selatan sejak saya terjatuh dari motor dua kali disana,jadi rasa trauma itu muncul dan selalu beranggapan kalau jalanan disana itu gak layak dilewati,namun untungnya pikiran jelek itu salah ! jalanannya mulus banget seperti baru di aspal.pemandangan yang disuguhkan juga luar biasa,seperti di luar negeri.sedikit kritik dari saya sih mungkin jalan dari Kota menuju ke Malang Selatan yang perlu di perlebar dikit,soalnya mayan serem kalo jalanannya sempit,kalo liburan juga bakalan macet.






   Pantai Balekambang mulai di kenal oleh masyarakat luas sekitar tahun 1978an,ini berkat usaha perangkat desa Srigonco yang membuka akses jalan bagi Masyarakat umum dan  pantai ini semakin terkenal ketika Bupati saat itu meresmikan Pantai Balekambang sebagai objek wisata,selain sebagai tempat wisata alam,Pantai Balekambang juga dikenal sebagai tempat untuk wisata religi karena dihari-hari tertentu sepeti tahun baru islam/satu syuro dan juga nyepi. ribuan orang memadati pantai ini.untuk umat islam biasanya beziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil sedangkan umat Hindu akan bekunjung ke Pura Amarta Jati.

   Pantai Balekambang ini pantai yang paling terkenal diantara beberapa pantai yang ada di Malang Selatan.salah satu alasannya adalah pantai ini "sedikit" mirip dengan pantai yang ada di Bali yaitu Pantai Tanah Lot,kenapa kok mirip ? karena ada Pura Amarta Jati di tengah-tengah Pulau kecil yang bernama pulau Ismoyo,pulau ini sendiri sedikit menjorok kelaut namun dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang kurang lebih 70 meter agar mudah dikunjungi apabila air laut sedang pasang.untuk yang membawa motor apabila ingin mengunjungi Pulau Ismoyo jangan salah parkir karena jarak jalan kakinya akan semakin jauh,kalau nggak salah di kawasan wisata ini ada dua kantung parkir untuk sepeda motor.
















     
   Setelah berkeliling di Pantai Balekambang termasuk Pulau Ismoyo saya menikamati segarnya es kelapa di pinggir pantai,sambil menikmati es kelapa,saya juga harus "menikmati" mas-mas dan mbak-mbak yang sedang asik berpacaran di depan saya.duh...kapan ya ?



SELESAI


Baca Juga :




 


1 komentar:

  1. cukup jauh perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari Malang kota. suasana pantai tidak terlalu ramai, cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari hari. sayang lokasi parkir motor cukup jauh dari pura tengah laut . wisatawan harus berjalan +/- 500 mtr untuk menuju ke lokasi pura. menurut pengelola parkir hal ini dikarenakan pernah terjadi pencurian kendaraan bermotor di area pura. overall , ini adalah salah satu wisata favorit di Malang raya. ��

    BalasHapus