Senin, 01 Januari 2018

Trip To China : Yellow River Palace,Yellow River Tower dan Makan Malam di Kampung Muslim

     Berasa di pinggir Sungai Mahakam ya ? saya nyaris mengeluh lagi ketika berada di pinggir Yellow River / Sungai Kuning / Huang He .pokoknya kalau jalan ketempat yang baru itu gak boleh buat ekspektasi yang berlebih,nikmati aja perjalanannya karena setiap tempat itu menyuguhkan pemandangan yang berbeda.seperti Yellow River ini yang ternyata mempunyai banyak sekali cerita,apakah itu ?

     Kunjungan ke Yellow River Palace yang semestinya dilakukan sebelum menuju Rainbow Mountain harus di tunda karena waktu yang tidak memungkinkan,akhirnya kunjungan ke yellow river palace dilaksanakan ketika saya akan melakukan perjalanan ke Yinchuan karena rutenya searah.hampir sama seperti "trap city" di Yanchi,saya sulit sekali mencari informasi mengenai Yellow River Palace.semoga saya segera mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat yang saya kunjungi karena rasanya kurang sreg aja sudah mengunjungi tempat-tempat itu tapi nggak tau sejarahnya lebih mendalam.

    Yellow River / Sungai Kuning / Huang He merupakan sungai terpanjang kedua di negara China setelah Sungai Yangtze dan yang terpanjang ketiga di benua Asia,panjang dari Yellow River adalah 5464 Km.dinamakan Yellow River karena sungai ini yang berwarna kuning yang berasal dari loess.apa itu loess ? loess itu semacam tanah gitu,untuk lebih jelasnya baca Wikipedia saja ya...saya juga masih memahami.Yellow River ini termasuk sungai terpenting di Negara China karena mengalir di beberapa propinsi negara China.ketika saya berada disana yang saya rasakan juga begitu,saya nyaris jarang menemukan aliran sungai selain Yellow River,apalagi sedang musim Winter yang udaranya cukup kering.

    Ketika turun dari bis dan menuju ke Yellow River Palace saya merasakan seperti ada luar negeri ! tanaman pohon yang ada berjejer rapi sekali,karena sedang memasuki musim Winter pohon-pohon tersebut tidak ditumbuhi banyak daun dan warna daunnya kecoklatan,kalau di Indonesia sih bisa-bisa pohon ini sudah ditebang.hahaha 




 

    Yang saya pikirkan pertama kali begitu mendengar "palace" adalah tempat ini merupakan istana kerajaan yang terletak di pinggir Yellow River,namun ketika saya memasuki bangunan yang menyerupai simbol air ini ternyata isinya seperti sebuah museum.disini terdapat berbagai macam informasi mengenai Yellow River,selain itu ada juga barang-barang kuno yang di temukan disekitar kawasan Yellow River.












    Selanjutnya,sekitar beberapa jam ( duh,saya lupa ini berapa jam tepatnya dari Yellow river Palace entah itu setengah jam,satu jam,atau dua jam 😂 )  saya memasuki kota Qingtongxia dan mengunjungi Yellow River Tower.disini saya tidak sampai masuk ke kawasan Yellow River Tower,cuma sampai di depan gerbang pintu masuk untuk foto-foto dan numpang ke WC saja.padahal menurut saya tempatnya bagus banget untuk foto-foto.tapi ya sudahlah...

   Yellow River Tower ini merupakan landmark dari kota Qingtongxia yang mempunyai tinggi 108 meter ,saya kira Yellow River Tower ini udah masuk bagian dari kota Yinchuan untung saja ada beberapa artikel yang menuliskan mengenai Yellow River Tower.ketika saya ingin kembali ke Bus untuk menuju ke destinasi saya bertemu dengan sepasang orangtua yang mengenakan busana muslim,ternyata mereka termasuk suku minoritas yang ada di China yaitu suku Hui.tidak ingin kehilangan momen saya mengajak mereka selfie,dan alhamdulillah mereka mau dan mereka sambil tersenyum gitu...How Lucky i am !




 









   Setelah itu saya menuju perkampungan muslim tidak jauh dari Yellow RIver Tower,mungkin hanya 30 menit saja,jadi perkampungan muslim ini dibuat oleh pemerintah China untuk masyarakat muslim yang ada disana.muslim yang ada di China berasal dari Suku Hui,suku Hui merupakan suku minoritas yang ada di China.menurut sensus yang dilakukan tahun 2011,suku Hui di china "hanya" sebanyak 10,5 juta penduduk.

  Malam itu kami di Jamu makan malam di rumah penduduk dari suku Hui,makananya enak-enak,porsinya juga banyak dan jenis masakannya macam-macam,yang paling da best adalah ayam gorengnya ! saya juga merasakan teh khas China,didalam tehnya ada berbagai macam rempah-rempah dan buah dari China seperti kelengkeng,kurma,gojiberry dan lain-lain.



 











      Terimakasih banyak jamuan makan malamnya ! hari yang sangat padat namun menyenangkan sekali...

BERSAMBUNG


Baca Juga :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar