Selasa, 23 Januari 2018

Trip To East Java : Tersesat di Jombang Gara-Gara Durian

Intermezzo sejenak,ternyata tulisan mengenai negara China banyak juga ya.padahal kemarin niatnya sudah pingin ngebut nulisnya namun ternyata tetap saja sulit.sulit mencari inspirasi,sulit untuk menemukan informasi dan juga sulit banget untuk bergerak ( mager ).Setelah pulang dari China sebenernya ada beberapa tempat juga yang saya kunjungi,tapi gak tau kapan nulisnya.hahaha.untuk melepas penat sekarang saya ingin balik ke Indonesia dan menulis tentang destinasi yang saya datangi baru-baru ini yaitu Jombang !

Seperti biasa kalau liburan panjang Natal dan Tahun Baru biasanya orangtua saya pulang ke Malang,nah kali ini beliau mendapat undangan pernikahan dari teman kantor yang diadakan di Kabupaten Jombang.waaa...kesempatan nih bisa ikut jalan-jalan lagi ke daerah yang dikenal sebagai Kota Santri ini karena Jombang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak Pondok Pesantren dan memiliki sifat religius,beberapa tokoh besar juga berasal dari Jombang.

Perjalanan kali ini saya terpaksa tidak membawa kamera saya karena memori kamera saya "kebawa" keponakan saya ke Kalimantan,ya sudahlah saya akan memaksimalkan kamera handphone saya toh perjalanan kali ini tidak banyak destinasi yang akan saya datangi.perjalanan berangkat ke Jombang saya melewati Kota Batu,karena melewati Kota Batu medan yang dilalui cukup seram karena harus naik turun gunung,sudah lama sekali saya tidak melewati jalur ini,perjalanan ini memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Karena acara manten dimulai pukul 12 siang padahal kami sudah tiba sejak pukul setengah sebelas siang,maka siang itu kami memutuskan menuju ke alun-alun Jombang untuk beristirahat dan menunggu sholat Dzuhur,di Alun-alun Jombang juga terdapat sebuah masjid besar yaitu Masjid Agung Baitul Mukminin,di dekat alun-alun Jombang juga sangat dekat dengan Stasiun Jombang.begitu turun dari mobil saya dapat mendengar suara bising dari telinga saya,ternyata area alun-alun Jombang yang luas digunakan oleh anak-anak memacu motornya.

Anak-anak ? main motor ? jadi di alun-alun Jombang ini disediakan penyewaan motor khusus bagi anak-anak.ukuran motornya juga disesuaikan dengan tinggi anak-anak tersebut.anak-anak disini jago banget bawa motornya,saya aja baru bisa bawa motor ketika masuk SMA,lah mereka kecil-kecil udah pada jago ngebut.laju-laju banget ! sayangnya penyewaan motor ini tidak menyediakan alat safety seperti helm,padahal anak-anak ini bisa saja celaka karena jalurnya diatas rumput yang bergelombang dan kadang ada juga yang ngebut-ngebutan.semoga ada perbaikan tentang keselamatan.

Setelah Sholat Dzhuhur dan menghadiri acara Pernikahan,kami akan mulai berburu buah Durian yang ada di Jombang langsung di kebunnya.sebelumnya kami sudah mencari lewat Google tempat apa yang bisa kami datangi,lokasinya ada di Wonosalam.saya segera membuka google dan mencari refrensi setelah itu mengetik di Google maps " Agrowisata Jombang" begitu muncul kami segera mengikuti petunjuk yang diberikan Google.ketika mulai menaiki gunung kami mulai melihat rumah-rumah warga yang menjual durian,karena ingin merasakan sensasi memetik durian,rumah-rumah warga itu kami abaikan saja,semakin jauh naik tempat yang dituju belum terlihat juga,putus asa kami pun tanya ke warga setempat ternyata tempat yang tertera di Google tidak ada ! karena tanggung tinggal 500 meter kami terus naik keatas,ternyata benar saja tempat itu tidak ada disana cuma ada sebuah warung kopi...kami di bohongi oleh Google.kecewa.

Selanjutnya kami mengikuti petunjuk Google yang lain untuk berburu durian,jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kami tersesat sekarang ini,begitu di datangi lokasinya sudah benar dan ternyata masih tutup karena belum musim panen.apes ! karena sudah ngidam durian akhirnya kami berhenti di rumah warga.ternyata harga durian yang ada disini tidak berbeda dengan yang ada di kota.padahal udah jauh-jauh naik keatas gunung.petualangan mencari Durian belum usai,kami harus kembali ke Kota lagi.begitu turun dari gunung mengikuti Google maps,kami dihadang acara kawinan warga,terpaksa kami harus berputar kembali dan jaraknya cukup jauh sekali.ketika lelah sudah tiba syukurlah sudah terlihat jalan besar yang dilalui banyak mobil.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Surabaya untuk mengunjungi saudara yang ada disana,kami melewati Mojokerto dan tak lupa mampir untuk beli es tebu yang ada di pinggir jalan.es tebu itu favorit ayah saya,pokoknya kalau di Jawa ada orang jual es tebu pasti berhenti dulu...setelah itu saya juga melewati tol Surabaya-Mojokerto (SUMO) yang baru diresmikan pak Presiden.

Another great Adventure ! What a Day !