Selasa, 02 September 2014

Trip To South Borneo : Perkenalkan,Saya Adalah Nahkoda Yang Baru

Kebugaran tubuh setelah perjalanan panjang dari Banjarmasin sudah kembali pulih,sekarang saatnya untuk melanjutkan perjalanan menuju ke dermaga pelabuhan ferry Penajam.jarak dari tempat saya berada ( kecamatan Long Ikis ) untuk menuju ke Penajam adalah sekitar 85 Km atau kurang lebih satu setengah jam perjalanan,karena takut terkena imbas arus balik maka kami memutuskan untuk berangkat pagi.

Sampai di Pelabuhan Penajam,ternyata suasana antrian tidak sesuai yang dibayangkan,yang terjadi arus balik malah dari Balikpapan yang akan menuju Penajam.sedangkan yang di Penajam malah relatif lancar,begitu bayar karcis kita langsung di suruh naik kapal.berbeda sekali dengan waktu terakhir kali saya lewat pelabuhan ini,saya harus menunggu beberapa jam agar bisa masuk kapal.

karena sudah lama sekali saya tidak pernah nyebrang dari Penajam ke Kariangau jadi saya baru tahu kalau pelabuhan Penajam maupun Kariangau sekarang memiliki dua dermaga.hal ini mungkin untuk mengantisipasi semakin banyaknya penumpang yang ingin menyebrang ke penajam,karena apabila menggunakan jalur darat dari Balikpapan ke Penajam bisa mencapai jarak 140 Km !

biaya tiket penyebrangan Penajam - Kariangau untuk satu kendaraan mobil sebesar Rp 193.000,-
 lempeng menuju kapal !
disamping terlihat pelabuhan speedboat tempat yang sempat saya singgahi ketika awal berangkat ke banjarmasin ( ceritanya bisa di klik disini )

Naik kapal !
akhirnya naik kapal lagi,selama di jawa padahal udah ngidam dan pingin kalo pulang ke balikpapan harus naik kapal ferry.akhirnya kesampean :')

dermaga penajam dari atas kapal.

Setelah naik kapal saya segera menuju ke lantai paling atas untuk sebuah "misi impian",setelah tiba diatas melihat hamparan air yang luas dan dari kejauhan terlihat Kota Balikpapan, segera saya keluarkan kamera kesayangan saya.walaupun saya masih amatiran tapi entah mengapa memfoto suatu objek itu ada kepuasan tersendiri.

pemandangan dari atas kapal
sekarang pelabuhan penajam memiliki 2 dermaga
hayooo..lagi ngapin itu ?
 kapal ferry yang saya naiki adalah KM. Swarna Nalini
 om-om ABK lagi sibuk mengerjakan tugasnya masing-masing
di belakang ada apa ?

Selain memfoto keadaan kapal yang saya naiki,saya juga mengambil gambar kapal yang ada di sekitar kapal yang saya naiki,rasanya memang nggak jauh beda sama spotting pesawat di Bandar Udara,bedanya yang satu bisa terbang,yang satunya jalan di air.kepuasan yang di dapat tetap sama ketika mengambil gambar kedua transportasi "seksi" ini meskipun beda fungsi.

Kapal sudah mulai mendekati dermaga pelabuhan Kariangau,sekarang adalah saatnya saya akan memulai "misi impian" seperti yang saya tullis tadi yaitu meminta izin ke pak kapten untuk foto di dalam ruang kemudi kapal.permintaan ini di kabulkan tetapi harus di lakukan di ruang kemudi lainnya karena ruang kemudi utama sedang digunakan untuk persiapan bersandar di dermaga Kariangau,untungya kapal Swarna Nalini ini memiliki dua ruang kemudi.

ini dia ruang kemudinya ! ruangannya sangat bersih dan ada ACnya pula,tapi tetap aja impian saya bisa ada di ruang kemudi pesawat. ;)

Ruang Kemudi mobil : sudah bisa, Ruang Kemudi Kapal : udah nyobain, Ruang Kemudi Pesawat : Harus Tercapai !

Tak terasa,karena menikmati perjalanan,kapal ini akan segera bersandar di Pelabuhan Kariangau waktu perjalanan dari Penajam tadi adalah satu jam,transportasi penyebrangan yang cukup nyaman kalo nggak lagi terburu-buru.kalo lagi mendesak ada pilihan lain yaitu naik speedboat.akhirnya kami tiba di pelabuhan Kariangau,pelabuhan ini tenyata sekarang juga memiliki 2 dermaga.

Akhirnya kami nyampe di rumah lagi,ini artinya perjalanan panjang ke Kalimantan Selatan sudah berakhir ( jarak antara Balikpapan - Banjarmasin kurang lebih 480 km ).tidak lupa saya ucapkan terimakasih ke orangtua saya karena sudah mengajak saya ke perjalanan yang sangat menyenangkan ini dan saya tidak lupa juga mengucapkan Selamat ulang tahun untuk ayah saya ! terimakasih buat hadiah jalan-jalannya *biasanya yang ulang tahun yang dikasih hadiah*