Selasa, 19 Mei 2015

Trip To Derawan : Jangan Buat Ekspektasi yang Tinggi !

Garuda Travel fair yang berlangsung beberapa bulan lalu menggugah semangat liburan keluarga saya,apalagi sebagai orang Kalimantan saya dan keluarga belum pernah mengunjungi Pulau Derawan yang konon katanya sangat indah.dengan semangat yang berapi-api orang tua saya segera mengambil paket wisata ke Pulau derawan selama 3 hari 2 malam dan berangkat tanggal 14 mei hingga 16 mei 2015.

Berangkat pukul 08.35 pagi dari bandara Sepinggan menuju Bandara Kalimarau,Kabupaten Berau menggunakan pesawat wings air,ini adalah kali pertama saya menaiki pesawat ATR 72-600,waktu yang di tempuh sekitar 1 jam.setelah sampai di berau saya sempat kagum dengan Bandara yang ada disana.meskipun hanya sebuah Kabupaten namun daerah ini memiliki Bandara yang bisa di katakan Sangat bagus dan bersih yang memiliki 2 Garbarata di Bandaranya.

Kalimarau Tower
Bandara Kalimarau !

Pertama Kali naik ATR 72-600
sepi dan bersih !

Karena saya berkunjung ke Derawan menggunakan jasa Travel Sesampainya di Bandara Kalimarau,saya harus menunggu rombongan selanjutnya selama satu jam yang akan datang menggunakan pesawat Garuda.Setelah semua berkumpul ( rombongan hari ini ada 18 orang) kami berangkat menuju Pelabuhan Tanjung batu menggunakan mobil sewaan.waktu tempuh dari Berau menuju Pelabuhan Tanjung Batu adalah 3 jam.

kadang jalannya mulus,kadang jalannya berlobang itulah Kalimantan Timur !

di sepanjang jalan mendekati tanjung batu kita akan melihat pohon-pohon yang sengaja di tebang :(

Setelah tiba di pelabuhan Tanjung Batu,saya dan rombongan bersiap untuk menyebrang menuju Pulau Derawan,kali ini waktu tempuh menuju derawan sekitar 35 menit.ketika berada di pelabuhan Tanjung batu saya sempat berpikir."ah...kayanya biasa aja nih tempatnya,paling sama seperti lau-laut pada umumnya".kenapa saya berkata seperti itu ? karena saya melihat  air laut di pelabuhan Tanjung Batu yang agak kotor dan banyak sampah kayu berserakan.

Gerbang masuk pelabuhan Tanjung Batu
 proses boarding
selow banget nih anak,padahal kapalnya loncat-loncat

Awalnya saya mengira Pulau Derawan adalah Pulau tak berpenghuni,ternyata Pulau Derawan itu adalah gerbang masuk untuk menuju ke 3 Pulau wisata lainnya,yaitu Pulau Maratua,Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki.

Ketika berada di Pelabuhan Tanjung Batu tadi saya sempat mengira-ngira kalau pulau Derawan ini tidak seperti ekspektasi saya,namun ketika sampai di Pulau Derawan saya tidak bisa berkata apa-apa karena....indah banget !  air yang bening dan tempat yang cukup bersih merusak ekspektasi negatif saya.

mulai malam ini hingga 3 hari kedepan saya akan menginap di salah satu penginapan diatas air yang ada di Pulau Derawan,nama penginapannya adalah Mirroliz Pelangi.kebetulan kamar yang saya tempati langsung menghadap ke pelabuhan utama di Pulau Derawan.

Selamat Datang di Pulau Derawan !
 tempat penginapan saya
 aduh,airnya sebening wajah Melody JKT48 :')
pemandangan yang terlihat dari kamar saya

Dihari pertama saya di Pulau Derawan saya hanya berjalan-jalan di sekitar Pelabuhan dan Kampung Penduduk saja,keesokan harinya barulah saya mengeksplorasi keindahan tiga pulau lainnya.

ternyata di pulau ini untuk air bersihnya menggunakan air tanah loh !

menurut penduduk sini,jumlah penduduk kurang lebih 200 orang

main banana boat sore hari
 orang-orang berkumpul di pelabuhan untuk menikmati sunset
 tempat penginapan saya
 duh,jadi ngiri ngeliat yang duduk disitu :(
 pelabuhan di waktu sepi
img border="0" height="266" src="http://4.bp.blogspot.com/-Z-rO5Y0mHjM/VVrkj_Z57oI/AAAAAAAADlk/oMExAi_Xj3s/s400/IMG_8192.JPG" oncontextmenu="return false;"width="400" />
 cakep !

BERSAMBUNG / TO Be Continue

BACA JUGA :

Derawan Island , island , east borneo , kalimantan , east kalimantan , Indonesia , Amazing Place