Sabtu, 01 Agustus 2015

Trip To Derawan : Surga Laut Kalimantan Timur

       Hari ke 2 di Derawan,hari ini saya berserta rombongan akan menjalani tour seharian untuk mengelilingi kepulauan yang ada di sekitar Derawan.diantaranya ada pulau Maratua,Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki.perlengkapan perang untuk saya berikan ke para pembaca di blog inipun sudah saya siapkan,yaitu Kamera canon 550d dan kamera handphone Asus saya.


      Perjalanan dimulai pukul 08.30 WITA, Perjalanan baru di mulai tapi kami sudah di buat khawatir dengan speed boat yang kami naiki karena baru beberapa meter berjalan kapal mengalami mati mesin,begitu mesin menyala dan mau jalan tiba-tiba mesin mati kembali,yang di khawatirkan adalah gimana kalau tiba-tiba mesin mati di tengah laut lepas ? karena perjalanan tour antar pulau ini cukup berjauhan jarak antar pulaunya.

     Petualangan dimulai dengan mengunjungi Pulau Gusung / Pulau Pasir letaknya hanya 10 menit saja dari kepulauan derawan,yang unik dari pulau ini adalah, pulau ini ada apabila air laut sedang surut,apabila air laut pasang ( biasanya sore hari ) pulau ini akan tenggelam.sayangnya kali ini pulau ini tidak terlihat seperti gambar ketika kita mencari di mesin pencari google.hari itu pulau ini agak kotor oleh sampah yang terbawa air laut.






     Setelah dari pulau Pasir,kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Maratua.ombak pagi itu masih belum terlalu tinggi cuma kami sudah di buat deg-degan karena kejadian mati mesin tadi.jarak dari Derawan menuju pulau Maratua pun cukup jauh,kami menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam.setelah sampai Maratua saya dibuat takjub dengan birunya laut yang bisa kita liat dari pulau ini.

     Sesampainya di Maratua para wisatawan bisa belajar Snorkling,sebelum kita masuk ke medan sebetulnya di Pulau Kakaban nanti.saya awalnya begitu semangat sekali untuk mencoba belajar snorkling,begitu memakai pelampung dan kacamata selam saya segera nyemplung ke laut,tiba-tiba....glek ! air lautnya keminum dan saya agak panik karena gak bisa mengendalikan diri biarpun sudah pakai pelampung.di situ saya baru sadar.O,IYA SAYA KAN NGGAK BISA BERENANG ! mana gak ada yang ngajarin pula.tolong yogi ya alloh,yogi gak mau kebawa ombak,yogi kan masi punya cita-cita pingin nikah... :'(


 Maratua ! keren sekali warna lautnya.

ternyata maratua ini pulaunya gede...
 belajar snorkling sebelum menuju Kakaban

Tolong yogi ya alloh! :'(

        Selanjutnya menuju Pulau Kakaban,dengan cuaca mendung cendrung hujan.jarak dari Maratua menuju Pulau Kakaban sekitar 15 menit.disini kami akan melihat 2 objek wisata alam,yang pertama kita kunjungi adalah sebuah danau/laguna entah apalah itu...jadi disini kita harus masuk lewat sebuah goa dulu sebelum kita bisa menuju tempat tersebut yang konon katanya indah,kenapa saya bilang konon ? karena disini kebodohan yogi terjadi.

          Sangking semangatnya (lagi) saya masuk kedalam goa itu bersama kamera canon 550d kesayangan saya,setelah foto-foto dan minta di fotoin di tengah pejalanan di dalam goa tiba-tiba...clup ! kali ini kamera saya kecelup air laut ! ASTAGA...COBA'AN LIBURAN APALAGI INI YA ALLOH ! saya mengira karena air laut surut mungkin di dalam goa paling tingginya cuma semata kaki,ternyata sampe dalam kita harus nunduk dan airnya ternyata sampe perut;[.karena kamera saya tidak saya kasih pelindung anti air,ya sudah...wassalam ! saya langsung kembali ke kapal dan melupakan pemandangan cantik yang ada didalam sana  dengan perasaan galau maksimal.

 jadi kita harus masuk kedalam sana

 pemandangan di sekitar yang memperlihatkan air masih surut

 sebelum masuk awalnya saya mempunyai perasaan tidak enak

begitu sampai di pertengahan jalan malapetaka itu terjadi :(


       Setelah mengunjungi gua tadi,kami menuju bagian lain dari Pulau Kakaban,kami harus naik kapal lagi untuk menuju tempat tersebut,padahal sih masih satu pulau,ternyata ketika saya melihat google maps Pulau Kakaban itu gede ! Setelah mengunjungi danau dalam gua tadi sekarang kita akan melihat danau yang di penuhi oleh ubur-ubur.tapi tenang saja,menurut guide yang menemani perjalanan kami ubur-ubur yang ada di danau ini jinak dan tidak nyetrum apabila di pegang.sayangnya ketika kami sampai di danau itu,airnya cukup keruh karena ulah manusia yang dengan seenaknya masuk ke danau dengan cara melompat.tour guide kami sampai berpesan agar ketika masuk ke dalam danau jangan lompat !


 untuk mencapai kesana kita harus naik dan turun menggunakan jalan yang terbuat dari kayu
 awas licin !

 sudah mulai terlihat

 danaunya gede

 yang coklat itu ubur-uburnya,sayangnya airnya keruh :(
 kalo mau dapet pemandangan yg bagus terpaksa berenang agak ketengah

 keliatan nggak bang !? *teriak*

      setelah melihat ubur-ubur,sekarang saatnya untuk melihat biota laut yang ada di sekitar Pulau kakaban,berhubung tadi saya gagal belajar berenang dan kamera canon saya mati total maka niat untuk terjun ke laut hilang *alasan* ,pemandangan laut di Pulau kakaban ini sangat luar biasa.airnya jernih sehingga kita bisa melihat terumbu karang dan beberapa jenis ikan yang hidup disekitar Kakaban. saya sempat ngobrol sama nahkoda kapal yang membawa rombongan kami meskipun pemandangan disini indah namun disini terdapat palung / jurang laut yang cukup dalam,dulu pernah ada nahkoda yang mencoba melempar jangkar sepanjang 100 meter tapi nggak sampai ke dasarnya,lalu ada juga orang bule / orang asing yang mencoba diving menemukan sebuah gua yang menghubungkan palung ini dengan danau yang ada di pulau ubur-ubur,begitulah katanya...




       Waktu semakin sore,masih ada satu tempat yang masih belum kami datangi yaitu Pulau Sangalaki.beberapa orang sudah meminta agar langsung balik ke derawan,namun mayoritas wisatawan lainnya ingin pergi ke pulau sangalaki karena nanggung sudah jauh-jauh ke Derawan masa melewatkan kesempatan ini ? 

      Akhirnya diputuskan kami akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Sangalaki,perjalanan ke sangalaki di tempuh selama 30 menit dari pulau kakaban.ada apa aja sih  di pulau Sangalaki ? menurut cerita yang beredar di pulau sangalaki kita bisa melihat penyu bertelur (hanya di malam hari) dan bisa juga melihat penyu-penyu kecil di lepas ke habitat aslinya,selain itu kalau beruntung kita juga bisa melihat segerombolan ikan manta / pari yang berenang disekitar pulau ini.






      Sayangnya ketika saya sampai disana,saya hanya bisa melihat kurang dari lima ekor tukik / penyu kecil yang di perlihatkan di pulau ini. jadi hanya ini ? datang jauh-jauh dengan deburan ombak yang sudah cukup tinggi ternyata hanya melihat 5 ekor tukik dan hanya "numpang ke toilet" saja.ya sudah,tak apalah,yang penting saya tahu di mana itu pulau Sangalaki dan apa saja yang ada disana.pengalaman....

       Perjalanan belum selesai,dari Pulau Sangalaki kami harus kembali lagi ke pulau Derawan,waktu yang di tempuh sekitar 90 menit,bukan itu yang saya khawatirkan,yang saya khawatirkan adalah "medan perjalanan" untuk kembali kesana.deburan ombak sore itu sangat keras terasa,sang kapten kapal pun beberapa kali meminta penumpang bergeser tempat duduk agar perahu ini seimbang,belum lagi kapal yang sempat mogok diawal perjalanan tadi membuat nyali saya sedikit ciut,untunglah kami semua sampai kembali di Pulau derawan dengan selamat.
 suasana dalam perahu

Liburan yang luar biasa !

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar