Jumat, 01 Desember 2017

Trip To China : Sepuluh Hari yang Sangat Panjang

     Ke China ? Beneran nih Yogi ke China ? biasanya cuma nulis blog sekitar Malang dan Balikpapan saja.😂😂😂.Banyak sekali Pengalaman dalam perjalanan "tak terduga" saya kali ini,padahal saya berencana menulis Pantai Selatan di Jawa Timur yaitu Pantai Goa Cina dan Pantai Balekambang yang saya datangi beberapa bulan lalu ( saya sengaja nulis 2 artikel tiap bulan biar setiap bulannya ada bahan.hahaha ) tapi khusus untuk Tour saya ke China ini saya akan mencoba lebih cepat menulisnya.



    Passport udah nganggur dua tahun,saya punya rencana ingin pergi ke Jepang negara impian saya,tapi untuk saat ini sih cuma rencana saja,kesananya kapan saya sendiri juga belum tau,semoga secepatnya...sebagai pemanasan sebelum pergi ke Jepang saya ingin mainan ke tempat yang dekat-dekat dulu yaitu pergi ke Thailand sebagai ajang "pemanasan" dan juga menyesuaikan budget kantong.kebetulan pada saat itu sedang ada Garuda Travel Fair di Mall olimpic Garden Kota Malang,satu demi satu stand saya datangi ternyata rata-rata tour diadakan mulai tahun depan.karena waktu saya yang tidak pasti "liburnya" ( padahal masih nganggur.hahaha ) dan saya sedang mencari waktu yang paling cepat maka gagallah rencana saya untuk ke Thailand,belum jodoh.

   Kenapa tidak Backpacker ? karena masih belum berani,pengalaman jalan-jalan masih sedikit banget,apalagi masih belum punya partner (makanya ini sekarang sedang mencari di China *uhuk* ) tapi nanti suatu saat pasti akan mencoba backpacker sendirian,kalau tidak dicoba tidak akan tau 😀

    Setelah mendapatkan dua license di Ibukota, Saya berkesempatan pulang ke Balikpapan,sudah kangen orang tua.kalo di Balikpapan si saya melakukan rutinitas seperti biasanya seperti makan,main laptop,jogging sore,tidur dan diulang hampir setiap hari.pada suatu hari tiba-tiba..."gi,ini ada paket tur murah meriah" kata ayah saya,"kemana yah ?" tanya saya."ke Mongolia,sepuluh hari" jawab ayah saya. Mongolia ? seketika saya teringat Variety show favorit saya yaitu Running man yang baru-baru ini berkunjung ke Mongolia.wah,seru juga nih kayanya,meskipun saya sedikit ragu-ragu.

   Saya mendapatkan informasi ini seminggu sebelum keberangkatan,begitu mendapatkan ittenary selama disana saya mencoba browsing di internet mencari beberapa informasi kota apa saja yang akan saya kunjungi,ini selalu saya lakukan sebelum memulai perjalanan.kali ini saya hanya browsing mengenai kota ordos,kota-kota lain sengaja tidak saya cari tahu agar perjalanan ini semakin seru,apalagi saya juga menggunakan travel tour.Ordos merupakan salah satu kota yang menjadi bagian dari provinsi Inner Mongolia yang terletak di negara China.jadi kunjungan saya kali ini bukan menuju negara Mongolia,melainkan masih negara China,lebih tepatnya China Utara.

   China ? kebanyakan orang indonesia sih taunya negara China itu cuma Beijing,Shanghai,Guangzhou,Komunis,Pak Ahok,dll.tapi kali ini saya akan melakukan perjalanan yang tak biasa buat saya.akan ada sekitar delapan kota yang akan saya singgahi yaitu Ordos --> Yanchi --> Wuwei --> Zhangye --> Yinchuan --> Ordos --> Hohot --> Beijing . dari sekian banyak kota yang akan saya kunjungi,yang familiar di telinga saya cuma Beijing saja.total jarak perjalanan dari kota ke kota yang akan saya kunjungi ini adalah 3097 km ! ( ketika mau berangkat saya belum tau hal ini 😂 ).



      Persiapan ? seadanya,saya terlalu meremehkan perjalanan kali ini.padahal saya baru pertama kali mengunjungi sebuah negara yang memiliki musim dingin,saya sempat melihat di google suhu di kota-kota ini di bawah 5 derajat celcius semua,tetapi saya menganggapnya suhunya akan seperti di Kota Malang kalo dingin saja 😂😂😂

      Di hari keberangkatan saya ikut berkumpul di terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta,jadi penerbangan hari ini transit dulu di Kota Batam sebelum lanjut ke Ordos menggunakan pesawat Citilink A-320.berangkat jam 7 malam dari bandara Soekarno-Hatta tiba di Bandara Hang Nadim jam 9 malam,setelah itu Check in lagi di Batam dan cap imigrasi berangkat ke Ordos jam 11 malam dan tiba di Ordos jam 7 pagi.enaknya naik Charter Flight tidak ada penumpang lain selain rombongan kami.hari itu rombongan kami berjumlah 47 orang dengan kapasitas pesawat Airbus 320 yang mencapai 200 kursi,jadi pesawat itu terasa milik pribadi,mau tidurpun bisa selonjoran.begitu pesawat mendarat dan mau keluar pesawat saya ingat banget dinginnya langsung menusuk badan apalagi saya masih menggunakan T-shirt.dinginnya gak Wajar !



     Begitu urusan imigrasi dan ambil bagasi selesai tujuan hari pertama langsung menuju ke Mossoleum of Gengghis Khan,yang jaraknya hanya 30 menit dari airport,setelah itu menuju ke Kota Yanchi yang jaraknya 4 jam perjalanan dari Ordos.ketika di beri tahu tour leader saya yaitu Pak Jerry saya baru tersadar kalau selama tour ini akan melakukan perjalanan yang jaraknya jauh-jauh.hari pertama dan kedua terasa jenuh tetapi hari-hari selanjutnya mulai terbiasa perjalanan jauh,apalagi melihat pemandangan yang baru pertama kali saya kunjungi.bagus banget ! setiap 2 jam sekali biasanya ada toilet stop,jadi bus akan berhenti di SPBU untuk memberi kesempatan pergi ke toilet,toilet di China gimana ?duhhh...jangan ditanya,banyak ranjau daratnya ! 😂




     Agar tidak bosan biasanya Pak Jerry selalu bercerita mengenai Inner Mongolia tetapi tetap saja yang mendegarkan akan tertidur pulas,selain Pak Jerry ada juga tour leader lokal yang menemani yaitu Jackie dan Candy.hari kedua karena perjalanannya cukup jauh dari Yanchi ke Wuwei,saya tidak jadi mengunjungi Yellow River Palace,dan akan di ganti di hari ke empat,setelah itu di hari ketiga saya menuju ke Zhangye Danxia National Geological Park untuk melihat Rainbow Mountain.woaaaahhhh disini tempatnya keren Banget ! hari selanjutnya mengunjungi yellow river palace,yellow river tower dan makan malam di perkampungan muslim Kota Yinchuan.

   di Yinchuan Saya juga mengunjungi China-Arab Axis,Zhenbeibu Western Film Studio,dan juga mengunjungi kebun wolfberry,di malam harinya karena acaranya bebas,saya ikut tour leader saya pak Jerry dan Jackie makan mie terenak di sekitar Yinchuan,kalo dari hotel tinggal jalan kaki aja.mienya enak dan porsinya banyak ! saya sempat foto,tapi malah sudah saya aduk 😑di malam sebelumnya saya juga jalan-jalan di sekitar kota ini,melihat orang jualan mangga yang gedenya gak wajar.gede banget ! saya juga sempat melihat buah Tomat yang ukurannya juga besar.kenapa ukuran buah di China gede-gede ya ?

    Setelah dari Yinchuan balik lagi ke Ordos dan menginap di hotel berbentuk Mongolian Yurt,dan di malam harinya para perserta tour memakai pakaian khas Mongolia dan makan malam ala kerajaan Mongolia,,setelah itu dilanjutkan acara api unggun.keesokan harinya masih dikota Ordos mengunjungi pabrik Cashmere dan mengunjungi gurun yang ada di Ordos menaiki Cable Car dan mobil gurun.cuaca di gurun dingin banget ! tangan sampai terasa membeku,ternyata cuaca di Kota Ordos juga tidak wajar bisa dibawah -8 derajat celcius.dingin !














     Dari Ordos pindahke Hohhot,disini saya menunjungi museum Inner Mongolia,museumnya gede dan bagus banget,arsitekturnya sangat modern,setelah itu menuju tempat belanja di Mongolian Etnic Style Garden,tempatnya gede menjual berbagai macam barang tapi harganya mahal-mahal.sebenernya saya mau belanja oleh-oleh di museum tapi karena tertarik degan kata-kata "shopping" di Mongolian Etnic Style Garden saya hanya belanja sedikit saja di museum padahal harganya lebih murah.













    Dihari terakhir saya menuju Beijing,perjalanan kali ini lebih lama,kalau sebelumnya berkisar antara empat sampai lima jam "saja" kali ini dari Hohhot ke Beijing memakan waktu sekitar tujuh sampai delapan jam perjalanan,hari ini saya menuju ke Tembok China.akhirnya saya menyaksikan tembok China beneran,sebelumnya hanya bisa melihat yang di Sumatera Barat.setelah itu meuju ke toko obat-obatan tradisional China,dan malam harinya karena bus kami berasal dari luar Kota Beijing jadi tidak boleh masuk ke pusat Kota Beijing sedangkan mayoritas peserta ingin mengunjungi Wangfujing,akhirnya pihak tour leader lokal menyediakan bus dari beijing dengan ukuran lebih kecil.saya gak ikut ke Wangfujing dan ikut bus besar balik ke hotel karena sudah lelah sekali dan benar saja sampai di Indonesia pun saya masih tepar.selama menginap hotel di China saya hampir tidak menyalakan televisi sekalipun karena tulisannya di remotenya menggunakan huruf mandarin,apalagi saya pernah baca kalau di China ada tombol khusus untuk siaran berbayarnya 😂😂😂




    Perjalanan selama sepuluh hari ini sangat menyenangkan,meskipun jarak perjalanan yang cukup jauh dan mayoritas waktu di habiskan di atas bus tapi lelah ini terbayarkan dengan pemandangan dan suasana yang sangat indah.bisa berkenalan bapak-bapak dan ibu-ibu yang sangat baik sekali.awalnya saya sempat underestimate bakal galak-galak apalagi saya sendirian dan bertipikal pendiam dan pemalu tapi setelah mengenal beliau-beliau ini ramahnya bukan main.inilah yang membuat perjalanan ini menyenangkan,semoga bisa berjumpa kembali ! 😁😁😁



BERSAMBUNG




Baca Juga :



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar